BAB III
PEMBAHASAN

 

3.1 Diagram UML

Unified modeling language (UML) merupakan sebuah bahasa untuk memodelkan gambaran sederhana dari perangkat lunak yang akan dibangun. UML dapat digunakan untuk merepresentasi, merancang, mengkhususkan, dan mengarsipkan bagian-bagian pada sistem yang akan dirancang pada perangkat lunak (Abdillah 2021). Berikut merupakan beberapa diagram UML pada perancangan game Rise of Indonesian Flag.

3.1.1 Use Case & Activity Diagram

Gambar  3.1. 1 Use Case & Activity Diagram pada game Rise of Indonesian Flag

(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)

3.1.2 Sequence Diagram

 


Gambar  3.1. 2 Sequence Diagram pada game Rise of Indonesian Flag

(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)

3.1.3 Class Diagram


Gambar  3.1. 3 Class Diagram pada game Rise of Indonesian Flag

(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)

 

3.2 Metode Finite State Machine

Gambar 3. 2 Gambaran sederhana dari game Rise of Indonesian Flag menggunakan metode Finite State Machine.

(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)

Saat masuk ke game, pemain akan terlebih dahulu masuk ke scene dialog dan baru pemain bisa masuk ke gameplay. Jika pemain mati sebelum tiba di checkpoint, maka akan tampil pesan kalah dan permainan kembali ke dialog awal. Jika pemain berhasil sampai ke checkpoint, dan beberapa saat kemudian mati, pesan kalah akan tampil dan permainan diulang lagi dari checkpoint dan begitu seterusnya.

 

3.3 Perancangan Tampilan Game Rise of Indonesian Flag

            Diperlukan perancangan tampilan agar nantinya, penulis dapat langsung mengkonstruksi game, tanpa perlu memikirkan rancangannya lagi.

3.3.1 Tampilan Menu Utama dan Menu Play


Gambar 3.3. 1 Rancangan Menu Utama dan Menu Play

(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)

3.3.2 Adegan Dialog dan Gameplay


Gambar 3.3. 2 Rancangan Adegan Dialog dan Gameplay

(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)

3.3.3 Pesan Berhasil dan Pesan Gagal


Gambar 3.3. 3 Rancangan Pesan Berhasil dan Pesan Gagal

(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)


BAB IV
METODE PENELITIAN


4.1 Lokasi Penelitian

            Untuk lokasi terbagi menjadi 2, yakni lokasi peracangan game yang berlokasi di rumah penulis dan lokasi pengimplementasian game yang berlokasi di Wihara Amitabha Batam. Meskipun berbeda, lokasinya masih dalam 1 komplek, yakni Komplek Sumber Agung, Jodoh, Batam. Sehingga, memudahkan penulis dalam melakukan perancangan dan pengimplementasian.

Gambar 4. 1 Lokasi Penelitian

(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)


4.2 Jadwal/Waktu Penelitian

            Berikut merupakan estimasi penjadwalan pada perancangan yang akan dilakukan oleh penulis.

Tabel 4. 2 Pembagian Jadwal dan Waktu Penelitian

 

 

Kegiatan

Waktu Penelitian

Bulan A

Bulan B

Bulan C

Bulan D

Minggu 1

Minggu 2

Minggu 3

Minggu 4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

Pengumpulan

Ide


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Proses

Pendahuluan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinjauan

Pustaka

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perancangan Flowchart, UML, & FSM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Desain Karakter & Komponen Game

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

 

 

 

Pembuatan

Game

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 
























4.3 Anggaran Penelitian

            Adapun rincian terkait anggaran yang dikeluarkan pada penelitian ini adalah sebagai berikut.

Tabel 4. 3 Rincian Anggaran pada Perancangan game Rise of Indonesian Flag

No.

Keterangan

Harga

Skala

Total

1

Desain Website

Rp 300.000

-

Rp 300.000

2

Desain Komponen & Karakter Game

Rp 1.000.000

-

Rp 1.000.000

3

Pembuatan Musik & Audio

Rp 1.000.000

-

Rp 1.000.000

4

Pengembangan Web & Game

Rp 5.000.000

-

Rp 5.000.000

5

Domain

Rp 15.000/Bulan

12 Bulan

Rp 180.000

6

Hosting

Rp 200.000/Bulan

12 Bulan

Rp 2.400.000

7

Server

Rp 500.000/Bulan

12 Bulan

Rp 6.000.000

8

Sertifikat SSL

Rp 8.000/Bulan

12 Bulan

Rp 96.000

9

SEO

Rp 500.000/Bulan

12 Bulan

Rp 6.000.000

10

Pengiklanan

Rp 350.000/Bulan

12 Bulan

Rp 4.200.000

11

Pemeliharaan Sistem

Rp 700.000/Bulan

2 Bulan Sekali

Rp 4.200.000

12

Jasa Pembuatan

Rp 2.000.000

-

Rp 2.000.000

Grand Total

Rp 32.376.000

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Abadi, Rizky Gita. 2016. “Rancang Bangun Aplikasi Game Fun With Physic Berbasis Android.” Jurnal Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Alauddin Makasar 100.

Abdillah, Rahman. 2021. “Pemodelan Uml Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta.” Jurnal Fasilkom 11(2):79–86.

Abdulloh, Rohi. 2016. Easy & Simple - Web Programming - Google Buku.

Adisusilo, Sutarjo. n.d. “Sutarjo Adisusilo, J. R.” (1).

Al-himayah, Jurnal. 2018. “Kata Kunci : Merekatkan, Nasionalisme Dan Bela Negara. 231.” 2:231–42.

AMBRIANI, DINNI, and ANDI IWAN NURHIDAYAT. 2019. “Rancang Bangun Repository Publikasi Ilmiah Dosen Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel.” Jurnal Manajemen Informatika 10(1):58–66.

Dewi, Ingrid Rosalia, and Rini Malfiany. 2017. “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Pada Sdit Lampu Iman Karawang Berbasis Visual Basic 6.0.” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi 12(2):4–12.

Fitriana, Saghifa. 2019. “Jurnal Evolusi Volume 7 No 1 – Maret 2019.” Jurnal Ilmiah Galuh Justisi 7(1):59–74.

Hartati, S. 2020. “Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Kantor Notaris Dan Ppat Ra Lia Kholila, Sh Menggunakan Visual Studio Code.” Jurnal Siskomti 3(2):37–48.

Hendaryie, Hendaryie, Jeanny Pragantha, and Darius Andana Haris. 2020. “Pembuatan Game Android Tower Defense ‘Myth of Java.’” Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi 8(2):236.

Hidayatulloh, Syarif. 2016. “Optimalisasi Github Untuk Software Project Management Dengan Memanfaatkan Notifikasi Sms.” Jurnal Informatika 2(1):198–204.

Informatika, Departemen Teknik. 2021. “Abdul Munif, S.Kom., M.Sc.” (52).

Mau, Guido. 2019. “Rancang Bangun Game 2D Shooter Platformer Menggunakan Metode Finite State Machine.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 3(1):117–22.

Nizami, Taufik, and Yudha Arie Fahrizal. 2020. “Model Game Sejarah Perang Banjar Menggunakan Unreal Engine 4.” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi 9(3):83–94.

Pelealu, Billawal Nadipa, Tri Afirianto, and Wibisono Sukmo Wardhono. 2019. “Pengembangan Game Edukasi Mobile Augmented Reality Untuk Membantu Pembelajaran Anak Dalam Membaca, Menulis, Dan Berhitung.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 3(2):1492–99.

Sany, Diny Syarifah, and Fauzan Zikri. 2021. “Perancangan Skenario Adaptif Untuk Reward Pada Gamifikasi Reseller Penjualan Daring Menggunakan Finite State Machine.” Media Jurnal Informatika 13(1):12.

Sari, Renny Puspita, and Istikoma. 2018. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Rapat Online FMIPA UNTAN Menggunakan UML.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL SISFOTEK (Sistem Informasi Dan Teknologi) (September):154–65.

Saunders, Kevin, and Jeannie Novak. 2012. Game Development Essentials: Game Interface Design.

Setiadi, Ahmad. 2021. “Aplikasi Game Android Edukasi Kepahlawanan Sultan Hasanuddin.” Journal Universitas Hasanuddin 8.

Simanjuntak, Pastima. 2022. “Perancangan Game Edukasi Covid-19 Berbasis Godot Engine Dengan Metode Mdlc.” Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE) 6(3):98–106.

Wulandari, Agustina Dwi. 2015. “Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role playing Game (RPG) MAKER XP Sebagai Media Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Kalibawang.” Universitas Negeri Yogyakarta Unknown(Unknown):1–18.

Ziliwu, Caritas, Rianto Sitanggang, Riah Ukur Ginting, and Alexander F. .. Sibero. 2021. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Produk Handmade Berbasis Web.” Jurnal Mahajana Informasi Vol. 6(01):16–21.


 

Komentar

Lebih baru Lebih lama