BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Diagram UML
Unified
modeling language (UML) merupakan sebuah bahasa untuk
memodelkan gambaran sederhana dari perangkat lunak yang akan dibangun. UML dapat digunakan untuk
merepresentasi, merancang, mengkhususkan, dan mengarsipkan bagian-bagian pada
sistem yang akan dirancang pada perangkat lunak (Abdillah 2021). Berikut merupakan beberapa diagram UML pada
perancangan game Rise of Indonesian
Flag.
3.1.1 Use Case & Activity Diagram
Gambar 3.1. 1 Use Case & Activity Diagram pada game Rise of Indonesian Flag
(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)
3.1.2 Sequence Diagram
Gambar 3.1. 2 Sequence Diagram pada game Rise of Indonesian Flag
(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)
3.1.3 Class Diagram
Gambar 3.1. 3 Class Diagram pada game Rise of Indonesian Flag
(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)
3.2 Metode Finite State Machine
Gambar 3. 2 Gambaran sederhana dari game Rise of Indonesian Flag menggunakan metode Finite State Machine.
(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)
Saat masuk ke game, pemain akan terlebih dahulu masuk ke scene dialog dan baru pemain bisa masuk
ke gameplay. Jika pemain mati sebelum
tiba di checkpoint, maka akan tampil
pesan kalah dan permainan kembali ke dialog awal. Jika pemain berhasil sampai
ke checkpoint, dan beberapa saat
kemudian mati, pesan kalah akan tampil dan permainan diulang lagi dari checkpoint dan begitu seterusnya.
3.3 Perancangan Tampilan Game Rise of Indonesian Flag
Diperlukan perancangan
tampilan agar nantinya, penulis dapat langsung mengkonstruksi game, tanpa perlu
memikirkan rancangannya lagi.
3.3.1 Tampilan Menu Utama dan Menu Play
Gambar 3.3. 1 Rancangan Menu Utama dan
Menu Play
(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)
3.3.2 Adegan Dialog dan Gameplay
Gambar 3.3. 2 Rancangan Adegan Dialog dan
Gameplay
(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)
3.3.3 Pesan Berhasil dan Pesan Gagal
Gambar 3.3. 3 Rancangan Pesan Berhasil
dan Pesan Gagal
(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)
BAB IV
METODE PENELITIAN
4.1 Lokasi
Penelitian
Untuk lokasi terbagi menjadi 2,
yakni lokasi peracangan game yang berlokasi di rumah penulis dan lokasi
pengimplementasian game yang berlokasi di Wihara Amitabha Batam. Meskipun
berbeda, lokasinya masih dalam 1 komplek, yakni Komplek Sumber Agung, Jodoh,
Batam. Sehingga, memudahkan penulis dalam melakukan perancangan dan
pengimplementasian.
Gambar 4. 1 Lokasi Penelitian
(Sumber : Data Olahan Penulis, 2022)
4.2 Jadwal/Waktu
Penelitian
Berikut merupakan estimasi
penjadwalan pada perancangan yang akan dilakukan oleh penulis.
Tabel 4. 2 Pembagian
Jadwal dan Waktu Penelitian
Kegiatan |
Waktu Penelitian |
|||||||||||||||
Bulan A |
Bulan B |
Bulan C |
Bulan D |
|||||||||||||
Minggu 1 |
Minggu 2 |
Minggu 3 |
Minggu 4 |
|||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
Pengumpulan Ide |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Proses Pendahuluan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tinjauan Pustaka |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perancangan Flowchart, UML, &
FSM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Desain Karakter & Komponen
Game |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pembuatan Game |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3
Anggaran Penelitian
Adapun rincian terkait anggaran yang
dikeluarkan pada penelitian ini adalah sebagai berikut.
Tabel 4. 3 Rincian Anggaran pada Perancangan game Rise of
Indonesian Flag
No. |
Keterangan |
Harga |
Skala |
Total |
1 |
Desain Website |
Rp 300.000 |
- |
Rp 300.000 |
2 |
Desain Komponen & Karakter Game |
Rp 1.000.000 |
- |
Rp 1.000.000 |
3 |
Pembuatan Musik & Audio |
Rp 1.000.000 |
- |
Rp 1.000.000 |
4 |
Pengembangan Web & Game |
Rp 5.000.000 |
- |
Rp 5.000.000 |
5 |
Domain |
Rp 15.000/Bulan |
12 Bulan |
Rp 180.000 |
6 |
Hosting |
Rp 200.000/Bulan |
12 Bulan |
Rp 2.400.000 |
7 |
Server |
Rp 500.000/Bulan |
12 Bulan |
Rp 6.000.000 |
8 |
Sertifikat SSL |
Rp 8.000/Bulan |
12 Bulan |
Rp 96.000 |
9 |
SEO |
Rp 500.000/Bulan |
12 Bulan |
Rp 6.000.000 |
10 |
Pengiklanan |
Rp 350.000/Bulan |
12 Bulan |
Rp 4.200.000 |
11 |
Pemeliharaan Sistem |
Rp 700.000/Bulan |
2 Bulan Sekali |
Rp 4.200.000 |
12 |
Jasa Pembuatan |
Rp 2.000.000 |
- |
Rp 2.000.000 |
Grand Total |
Rp 32.376.000 |
DAFTAR PUSTAKA
Abadi,
Rizky Gita. 2016. “Rancang Bangun
Aplikasi Game Fun With Physic
Berbasis Android.” Jurnal Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Alauddin Makasar
100.
Abdillah, Rahman. 2021. “Pemodelan Uml Untuk Sistem Informasi Persewaan Alat Pesta.” Jurnal
Fasilkom 11(2):79–86.
Abdulloh, Rohi. 2016. Easy & Simple - Web Programming
- Google Buku.
Adisusilo, Sutarjo. n.d. “Sutarjo Adisusilo, J. R.” (1).
Al-himayah, Jurnal. 2018. “Kata Kunci : Merekatkan,
Nasionalisme Dan Bela Negara. 231.” 2:231–42.
AMBRIANI, DINNI, and ANDI IWAN NURHIDAYAT. 2019. “Rancang
Bangun Repository Publikasi Ilmiah Dosen Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel.” Jurnal Manajemen
Informatika 10(1):58–66.
Dewi, Ingrid Rosalia, and Rini Malfiany. 2017. “Perancangan
Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Pada Sdit Lampu Iman Karawang Berbasis
Visual Basic 6.0.” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi
Informasi Dan Komunikasi 12(2):4–12.
Fitriana, Saghifa. 2019. “Jurnal Evolusi Volume 7 No 1 –
Maret 2019.” Jurnal Ilmiah Galuh Justisi 7(1):59–74.
Hartati, S. 2020. “Perancangan Sistem Informasi Inventaris
Barang Pada Kantor Notaris Dan Ppat Ra Lia Kholila, Sh Menggunakan Visual Studio Code.” Jurnal Siskomti
3(2):37–48.
Hendaryie, Hendaryie, Jeanny Pragantha, and Darius Andana
Haris. 2020. “Pembuatan Game Android
Tower Defense ‘Myth of Java.’” Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi
8(2):236.
Hidayatulloh, Syarif. 2016. “Optimalisasi Github Untuk Software Project Management
Dengan Memanfaatkan Notifikasi Sms.” Jurnal Informatika 2(1):198–204.
Informatika, Departemen Teknik. 2021. “Abdul Munif, S.Kom.,
M.Sc.” (52).
Mau, Guido. 2019. “Rancang Bangun Game 2D Shooter Platformer
Menggunakan Metode Finite State Machine.”
JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 3(1):117–22.
Nizami, Taufik, and Yudha Arie Fahrizal. 2020. “Model Game Sejarah Perang Banjar Menggunakan
Unreal Engine 4.” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem
Informasi 9(3):83–94.
Pelealu, Billawal Nadipa, Tri Afirianto, and Wibisono Sukmo
Wardhono. 2019. “Pengembangan Game
Edukasi Mobile Augmented Reality Untuk Membantu Pembelajaran Anak Dalam
Membaca, Menulis, Dan Berhitung.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi
Dan Ilmu Komputer 3(2):1492–99.
Sany, Diny Syarifah, and Fauzan Zikri. 2021. “Perancangan
Skenario Adaptif Untuk Reward Pada Gamifikasi Reseller Penjualan Daring
Menggunakan Finite State Machine.” Media
Jurnal Informatika 13(1):12.
Sari, Renny Puspita, and Istikoma. 2018. “Analisis Dan
Perancangan Sistem Informasi Rapat Online
FMIPA UNTAN Menggunakan UML.” PROSIDING
SEMINAR NASIONAL SISFOTEK (Sistem Informasi Dan Teknologi)
(September):154–65.
Saunders, Kevin, and Jeannie Novak. 2012. Game Development
Essentials: Game Interface Design.
Setiadi, Ahmad. 2021. “Aplikasi Game Android Edukasi Kepahlawanan Sultan Hasanuddin.” Journal
Universitas Hasanuddin 8.
Simanjuntak, Pastima. 2022. “Perancangan Game Edukasi Covid-19 Berbasis Godot Engine Dengan Metode Mdlc.” Computer
and Science Industrial Engineering (COMASIE) 6(3):98–106.
Wulandari, Agustina Dwi. 2015. “Game Edukatif Sejarah Komputer Menggunakan Role playing Game (RPG) MAKER XP Sebagai Media Pembelajaran
Di SMP Negeri 2 Kalibawang.” Universitas Negeri Yogyakarta
Unknown(Unknown):1–18.
Ziliwu, Caritas, Rianto Sitanggang, Riah Ukur Ginting, and
Alexander F. .. Sibero. 2021. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Produk
Handmade Berbasis Web.” Jurnal Mahajana Informasi Vol. 6(01):16–21.
Posting Komentar